Dampak Negatif Kosmetik Tidak Aman Untuk Setiap Penggunanya

dampak negatif kosmetik berbahaya
Menggunakan kosmetik memang menjadi hal wajib bagi para wanita seantaro dunia untuk menunjang penampilan mereka. Namun, bagi anda para wanita wajib waspada akan dampak negatif kosmetik tidak aman karena tidak semua kosmetik yang anda beli dikategorikan aman loh. Seperti yang sudah dikemukan oleh Kepala Dinkes Purbalingga, Hanung Wikanto, di Purbalingga, Jawa Tengah yang mengimbau para masyarakat untuk mengindari 17 kosmetik yang dinyatakan berbahaya oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Ia mengatakan 17 kosmetik yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM ini mengandung bahan-bahan pemutih, antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Nah, mungkin dampak negatif kosmetik tidak aman ini tidak terasa langsung seperti wajah mendadak berjerawat jika saat anda salah menggunakan kosmetik. Namun, bahaya bawaan dari kosmetik berbahaya tersebut akan mengendap pada tubuh anda dan menimbuklakan masalah kesehatan yang lebih besar.

Misalnya dampak negatif kosmetik tidak aman yang satu ini. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran, dan kemandulan. Penggunaan merkuri pada awalnya hanya memberikan efek samping yang banyak orang tidak hiraukan seperti seolah membuat flek hitam memudar. Padahal, bila pemakaian dihentikan, flek itu akan timbul lagi dan justru bertambah parah dan melebar, wajah justru semakin gelap dan kusam

Jika pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri ini dipakai terus-menerus maka dapat mengakibatkan kanker dan kerusakan ginjal. Dampak negatif kosmetik tidak aman selanjutnya adalah penggunaan hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol yang terus menerus juga dapat berdampak seperti menggunakan merkuri.

Meskipun penggunaan bahan-bahan di atas dalam industri dengan jumlah yang sekecil mungkin namun intensitas pemakaian yang sering akan mengkibatkan toksik pada kulit. Karena bahan-bahan di atas baik yang alami maupun sintetik, keduanya mempunyai sifat yang tidak dapat larut dalam air sehingga bahan- bahan tersebut akan tetap menempel pada kulit dan penggunaan yang sesering mungkin akan mengakibatkan bahan tersebut terus menumpuk dikulit. Kita semua tidak akan sadar begitu banyak bahan-bahan berbahaya dan logam-logam berat yang menempel pada kulit kita ,sehingga mengakibatkan iritasi pada kulit. Maka, tak heran akhir-akhir ini juga banyak penderita kanker kulit. Jadi anda wajib mewaspadai dampak negatif kosmetik tidak aman dan tetap mengecek kandungan bahan kimia dalam kosmetik anda sehingga tidak menyesal di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar