Tips Perawatan Wajah Alami Atasi Wajah Berminyak

tips perawatan wajah alami
Tips perawatan wajah kali ini adalah mengenai cara atasi kulit wajah berminyak menggunakan seledri. Seperti kita ketahui bersama, kulit wajah berminyak membuat banyak wanita maupun pria kurang percaya diri. Kondisi wajah berminyak dapat membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Wajah akan terlihat mengkilap saat terpapar sinar matahari. Tidak jarang kondisi wajah berminyak juga menjadi bahan candaan orang-orang terdekat.

Selain mempengaruhi penampilan, hal lain yang sangat mungkin terpengaruh dengan kondisi wajah berminyak adalah kesehatan kulit wajah. Debu, partikel-pertikel kotoran dan beragam radikal bebas akan dengan sangat mudah menempel pada kulit wajah yang berminyak. Kondisi ini dapat memicu berbagai permasalahan wajah, seperti jerawat dan wajah kusam. Seseorang dengan tipe kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan wajah yang ekstra, baik dalam intensitas maupun dalam tata caranya.

Faktor Penyebab Wajah Berminyak

Mungkin menjadi pertanyaan bagi mereka yang memiliki kondisi wajah berminyak, apa sebenarnya faktor yang menjadi penyebab wajah berminyak? Sebenarnya keberadaan minyak di wajah adalah hal yang normal bahkan sudah seharusnya ada, hanya saja bila berlebih maka akan menjadi masalah. Berikut 3 faktor utama penyebab kondisi minyak berlebih di wajah
  • Faktor Makanan. Pola makan yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh secara umum, termasuk untuk wajah anda. Kadar minyak berlebih di wajah dapat dipicu oleh makanan yang mengandung lemak, baik lemak nabati atau lemak hewani. Bila anda termasuk yang memiliki kondisi wajah berminyak alangkah baiknya bila anda mulai mengonsumsi buah dan sayur serta mulai sedikit mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak.
  • Faktor Hormonal. Penyebab lain yang dapat memicu kondisi wajah berminyak adalah faktor hormonal. Bagi para wanita, pengaruh faktor hormonal pada kondisi wajah tentunya bukan hal yang asing. Wanita yang sedang datang bulan atau remaja yang sedang memasuki masa puber biasanya kenal dengan pengaruhnya pada wajah, jerawat! Ya, kedua kejadian tersebut adalah bukti bahwa faktor hormonal juga dapat memberikan pengaruh pada kondisi wajah.
  • Faktor Keturunan. Faktor ketiga yang diduga kuat menjadi penyebab utama kondisi wajah berminyak adalah faktor keturunan. Memang ada meragukan pendapat ini. Namun pada beberapa kasus diketahui adanya korelasi kondisi wajah berminyak seseorang memiliki kaitan dengan masalah serupa yang dialami oleh orang tuanya.

Cara Tradisional Perawatan Wajah Berminyak

Perawatan wajah berminyak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun tentu kebanyakan orang lebih menyukai perawatan wajah yang lebih mudah, lebih murah. Oleh sebab itu, tips perawatan wajah yang akan diberikan pada bagian ini adalah perawatan wajah alami menggunakan bahan-bahan tradisional. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk perawatan wajah berminyak adalah seledri.
Daun seledri dipercaya dapat mengurangi kadar minyak berlebih di wajah dalam beberapa terapi perawatan wajah tradisional. Caranya mudah.
  1. Ambil daun seledri secukupnya kemudian potong-potong kecil.
  2. Masukkan potongan tersebut ke dalam panci berisi air mendidih dan diamkan selama 15-20 menit. Dinginkan rendaman tersebut sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya adalah oleskan rendaman tersebut ke seluruh permukaan wajah, biarkan meresap dan mengering.
  4. Terakhir adalah bilas wajah menggunakan air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar